Strategi CINTA Bank BPD Bali, Sukses Hadapi Pandemi

  24-05-2022   |     Asbanda   Facebook   Twitter


Strategi CINTA Bank BPD Bali, Sukses Hadapi Pandemi

BusinussNews Indonesia – Keberhasilan perusahaan sudah sepantasnya didukung oleh sistem manajemen yang efektif dan efesien. Yaitu sistem yang dapat berubah dengan mudah atau menyesuaikan diri serta dapat mengakomodasikan setiap perubahan, baik yang sedang dan telah terjadi dengan cepat, tepat dan terarah serta biaya yang murah. Inilah strategi yang digunakan PT Bank BPD Bali dalam menghadapi pandemi.

Bank BPD Bali telah sukses dengan berbagai transformasi dan inovasinya dalam menghadapi pandemi. Hal ini dikarenakan Bank BPD Bali memiliki strategi penting dalam menjalankan bisnisnya, yaitu strategi CINTA. Hal ini dijelaskan langsung oleh Direktur Utama PT Bank BPD Bali Nyoman Sudharma pada sesi Presentasi dan Wawancara dengan Juri GRC and Performance Exellence Award 2021 yang diselenggarakan secara online pada (23/06).

“BPD Bali telah menetapkan 4 (empat) nilai utama yaitu CINTA sebagai nilai-nilai perusahaan yang dijabarkan dalam 12 perilaku utama untuk mendukung pencapaian visi dan pelaksanaan misi yang telah ditetapkan”, kata Nyoman.

CINTA merupakan perpanjangan dari: Competent, Integrity, Team Work, Customer Awareness. Competent memiliki perpanjangan makna berupa; Berpikir Ilmiah, Terampil, Akurat dan Teliti. Integrity: Konsisten, Jujur dan Disiplin. Team Work: Loyal, Saling Menghargai dan Kesetaraan. Adapun Customer Awareness memiliki perpanjangan makna: Edukasi, Hubungan Baik dan Tanggap. ‘CINTA' ini diharapkan mampu menciptakan iklim kerja yang kondusif, mendorong produktivitas serta mengoptimalkan kinerja PT. Bank Pembangunan Daerah Bali sehingga mampu mencapai visi dan misinya lebih cepat.

Bank yang memiliki visi menjadi bank yang kuat, berdaya saing tinggi, dan terkemuka dalam melayani UMKM serta berkontribusi bagi pertumbuhan perekonomian daerah ini secara Teknologi dan Informasi juga telah melakukan berbagai transformasi dianaranya telah menggunakan Quick Respon Code Indonesian Standard (QRIS) atau sistem pembayaran barcode-nya sebagai pembayaran yang dapat dipindai oleh seluruh aplikasi yang menyediakan pembayaran dengan QR Code. Tujuannya, untuk meningkatkan daya saing dan mendapatkan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Adapun Core System yang meliputi Bank BPD Bali ini yaitu I-Samsat: sistem administrasi terpadu yang melayani pengesahan STNK dan pembayaran PKB serta SWDKLLJ melalui transaksi elektronik, E-Ticketing Wisata: Solusi menggantikan fungsi tiket konvensional dengan smart card sebagai tiket elektronik nya, E-Retribusi Pasar: mempermudah melakukan pembayaran retribusi pasar menggunakan kartu elektronik, Samsat Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), POS PHR, Donasi, dan Kontribusi Wisatawan. Sedangkan Payment System meliputi; E-Samsat & Samsat VA, E-Retribusi, Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) Online, E-Ticketing Wisata, Payment Pajak Daerah, IBB Daerah, Transfer for Payment, E-Channel Payment, QRIS Payment, Rekonsiliasi, dan Settlement.

Solusi teknologi digital BPD Bali ini dilakukan karena fokus dalam memberikan layanan terbaik dan strategis. Yaitu melakukan optimalisasi layanan kepada stakeholder, terutama untuk menjaga CASA (current account saving account) dengan menyediakan layanan Mobile Banking dan Internet Banking. Ini penting untuk menghadapi persaingan di sektor perbankan. Selain itu, BPD Bali juga fokus pada stakeholder utama dan UMKM dengan penyediaan sistem aplikasi sebagai platform agregator terkait pajak dan retribusi daerah serta administrasi pengelolaan sistem keuangan daerah.

Hingga saat ini, BPD Bali sudah menyediakan Solusi teknologi digital, diantaranya Internet Banking Busines: Solusi layanan transaksi non tunai bagi perusahaan/Pemerintah Daerah. BPD Payment, Platform pembayaran yang terintegrasi melalui berbagai channel layanan untuk memenuhi kebutuhan mitra/instansi yang diluncurkan tahun 2012. SP2D Online: Pionir solusi non tunai untuk efektifitas pengelolaan dan administrasi kas daerah (Implementasi kota Denpasar Tahun 2013). MB/IB: Memudahkan nasabah untuk bertransaksi tanpa harus pergi ke bank (2015). E-SAMSAT: Bank BPD Bali sebagai pelopor layanan SAMSAT online nasional (2017).

Hadir sebagai dewan juri dalam acara ini diantaranya, Ir. Irnanda Laksanawan, MSc Eng, MBA, PhD (Chairman for GRC & Performance Excellence Award 2021), Dr. Dewi Hanggraeni, SE, MBA, CA, CACP (Deputy Chairperson of the Indonesian Risk Professional Association), Alan Yazid, BB, MBA (Working Group Governance Risk and Compliance member for Indonesian Banking industry, OJK), Ir. Achmad Purwono, MBA, (Lecturer at University of Indonesia, Consultant – PPM Human Capital Director PT Jasa Marga), dan Dr. Eddy Iskandar, B.Eng, MSc (CEO CPM Consulting, Lecturer Mechanical Engineering PEDC ITB). (RB)

.

  Comments